English
 
Membuat Pelaporan
 
Laporkan:
  • Indikasi Tindakan curang
  • Indikasi Korupsi
  • Indikasi Pencurian
  • Indikasi Pelanggaran kebijakan dan peraturan perusahaan
  • Indikasi Benturan kepentingan
  • Indikasi Penyuapan
  • Indikasi Penggelapan
  • Indikasi Penipuan
  • Indikasi Pemerasan
Melalui:

Telepon:
+6221 1500 969

SMS dan WhatsApp:
+62812 90 060606

Faksimili:
+6221 1500 979
(Unduh lembar muka pelaporan disini)

Email:
ipcbersih@tipoffs.asia
(Unduh lembar muka pelaporan disini)

Kirim Surat:
IPC Bersih
PO BOX 3325
JKP 10033

(Unduh lembar muka pelaporan disini)

IPC Bersih

Pertanyaan anda terjawab

Q: Apakah pihak ketiga termasuk kontraktor, supplier, konsultan, pelanggan dan seluruh stakeholder PT. Pelabuhan Indonesia II (persero) dan Anak Perusahaannya dapat melaporkan pelanggaran yang terjadi melalui system ini ?
A: Ya, seluruh stakeholder PT. Pelabuhan Indonesia II (persero) dan Anak Perusahaannya dapat melapor melalui system ini.

Q: Pelanggaran apa yang harus saya laporkan?
A: Anda bisa melaporkan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh Insan IPC seperti Tindakan curang, Korupsi, Pencurian, Pelanggaran kebijakan dan peraturan perusahaan, Benturan kepentingan, Penyuapan, Penggelapan, Penipuan, atau Pemerasan.

Q: Mengapa saya harus melaporkan pelanggaran yang terjadi?
A: Untuk membantu PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan Anak Perusahaan menjadi tempat yang aman, jujur dan adil untuk bekerja. Pelanggaran akan berdampak negatif kepada lingkungan kerja dan reputasi perusahaan. Dengan melaporkan pelanggaran, anda membantu perusahaan untuk memastikan bahwa orang-orang merasa aman dan nyaman berinteraksi dan bertransaksi di lingkungan kerja kita serta meminimalisir berbagai pelanggaran yang mungkin masih terjadi.

Q: Bagaimana jika saya mencurigai sesuatu pelanggaran tapi saya tidak yakin?
A: Kebanyakan kasus yang dilaporkan adalah temuan dari orang-orang yang jujur dan peduli yang pada awalnya tidak yakin akan fakta yang mereka temukan. Hal ini biasa terjadi. Kami tidak mengharapkan anda untuk mengetahui setiap rincian kejadian. Melaporkan apa yang anda ketahui sudah lebih dari cukup, namun akan lebih memperlancar proses investigasi jika laporan anda dilengkapi dengan menyertakan bukti awal.

Q: Apa saya akan mendapat penghargaan untuk melaporkan pelanggaran tersebut?
A: Tidak ada bentuk penghargaan khusus yang akan diberikan dengan membuat laporan pelanggaran ke Tim whistleblower Deloitte.

Q: Apa yang terjadi jika saya melakukan panggilan telepon tersebut ?
A: Panggilan telepon ke IPC Bersih tidak direkam dan kami tidak memakai fasilitas ID pemanggil yang dapat mengidentifikasi panggilan. Anda tidak akan diminta oleh Tim whistleblower Deloitte untuk memberikan nama anda, kecuali bila anda yang ingin mengungkapkan identitas anda. Laporan anda akan dikenal hanya dengan nomor referensi, kecuali anda memilih untuk memberikan nama dan identitas kepada Tim whistleblower Deloitte.

Q: Berapa kali saya boleh menghubungi Tim whistleblower Deloitte ?
A: Anda boleh menghubungi Tim whistleblower Deloitte setiap kali anda merasa adanya Pelanggaran yang terjadi.

Q: Informasi pribadi apa yang akan dikumpulkan oleh Tim whistleblower Deloitte tentang anda atau orang lain?
A: Saat anda melakukan panggilan ke Tim whistleblower Deloitte , kami akan mengumpulkan informasi tentang pelaporan dan orang-orang yang dilaporkan oleh anda.

Q: Bagaimana Komite IPC Bersih menggunakan atau mengungkapkan informasi pribadi yang didapat?
A: Komite IPC Bersih akan mempertimbangkan cara yang paling tepat untuk menggunakan atau mengungkapkan informasi pribadi yang diberikan kepadanya selama dapat membantu tindakan lanjut pelanggaran yang dilaporkannya.

Q: Apa yang perlu saya beritahu kepada Tim whistleblower Deloitte ?
A: Berikanlah informasi selengkap mungkin kepada Tim whistleblower Deloitte apabila anda melaporkan suatu pelanggaran. Contohnya seperti:
  • Nama orang yang terlibat/terlapor
  • Nama saksi
  • Tanggal, waktu dan lokasi kejadian
  • Kronologi kejadian
  • Bukti-bukti atas kejadian yang dilaporkan (wajib disertakan)
  • Jumlah kerugian (apabila ada)
  • Frekuensi kejadian

Q: Bisakah saya memilih untuk tidak memberitahukan identitas?
A: Anda dianjurkan untuk memberikan data diri yang sekurang-kurangnya memuat alamat/nomor telepon/handphone/faksmili/email. Tim whistleblower Deloitte akan memastikan bahwa identitas anda tidak akan diketahui pihak lain. Setiap upaya yang layak dilakukan dan diperbolehkan oleh hukum akan Deloitte jalankan agar identitas pelapor tidak terungkap. Akan tetapi informasi yang diberikan melalui Pelayanan Whistleblower Deloitte akan diberikan kepada pihak yang berwenang apabila undang-undang mengharuskan untuk berbuat demikian. Ada kalanya identitas anda mungkin akan diketahui oleh Komite IPC Bersih dari informasi yang dilaporkan. Identitas pelapor akan dirahasiakan oleh Komite IPC Bersih, kecuali jika pelapor bersedia untuk mengungkapkannya. Namun pelapor dapat tetap memilih untuk tidak mengungkapkan identitasnya.

Setelah pelanggaran dilaporkan, dalam jangka waktu berapa lamakah Tim whistleblower Deloitte akan menghubungi Komite IPC Bersih ?
A: Kami akan mengirimkan laporan tersebut kepada Komite IPC bersih yang telah ditunjuk dalam waktu 1 (satu) hari kerja setelah laporan diterima. Tetapi jika anda melaporkan sesuatu yang membahayakan hidup, kami akan segera menghubungi Tim IPC tersebut.

Q: Apakah akan ada proses penyelidikan setelah laporan dibuat?
A: Proses penyelidikan akan dilakukan tergantung pada berbagai faktor seperti informasi yang diberikan, rincian kejadian, dokumentasi dan kecukupan alat bukti. Komite IPC Bersih akan memutuskan tindak lanjut yang diperlukan ketika mereka menerima laporan.

Q: Setelah saya membuat laporan, apakah saya akan dilibatkan dalam proses investigasi?
A: Anda tidak perlu terlibat setelah anda membuat laporan atas suatu pelanggaran. Namun jika anda mempunyai informasi baru atau tambahan, atau anda ingin membuat perubahan pada laporan anda sebelumnya, anda dapat menghubungi Tim whistleblower Deloitte dan menyebutkan nomor referensi yang telah diberikan pada awal anda melakukan panggilan.

Q: Apa yang terjadi bila saya melaporkan suatu pelanggaran yang melibatkan saya didalam kejadian tersebut?
A: Apabila anda Insan IPC dan melaporkan suatu pelanggaran dimana anda terlibat didalamnya, maka kepada anda akan dikenai sanksi yang bersesuaian, tentunya dengan mempertimbangkan peran aktif anda sebagai pihak yang melaporkan pelanggaran ini.

Q: Apakah Komite IPC bersih akan memberitahu badan penegak hukum untuk menindaklanjuti laporan tersebut?
A: Informasi yang diterima akan dianalisa lebih lanjut oleh Tim whistleblower Deloitte untuk kemudian dilaporkan kepada Komite IPC Bersih yang bertanggung jawab untuk menindaklanjuti pelaporan yang masuk. Komite IPC Bersih akan berkoordinasi dengan Direksi dalam memutuskan tindak lanjut yang akan dilakukan. Jika diperlukan, Komite akan melapor ke penegak hukum.

 
Tentang IPC Bersih

IPC Bersih adalah sebuah program nyata dari manajemen PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan Anak Perusahaan untuk mewujudkan tempat kerja yang bersih dari tindakan curang, korupsi dan pemerasan.

Salah satu aplikasi yang disediakan oleh PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) bagi seluruh stakeholder yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang dilakukan oleh Insan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan Anak Perusahaan adalah Whistleblowing System yang independen.

Lebih Lanjut

Deloitte refers to one or more of Deloitte Touche Tohmatsu Limited (“DTTL”), its global network of member firms, and their related entities. DTTL (also referred to as “Deloitte Global”) and each of its member firms and their affiliated entities are legally separate and independent entities. DTTL does not provide services to clients. Please see www.deloitte.com/about to learn more.

Deloitte is a leading global provider of audit and assurance, consulting, financial advisory, risk advisory, tax and related services. Our network of member firms in more than 150 countries and territories serves four out of five Fortune Global 500® companies. Learn how Deloitte’s approximately 286,000 people make an impact that matters at www.deloitte.com.

Deloitte Asia Pacific Limited is a company limited by guarantee and a member firm of DTTL. Members of Deloitte Asia Pacific Limited and their related entities provide services in Australia, Brunei Darussalam, Cambodia, East Timor, Federated States of Micronesia, Guam, Indonesia, Japan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, New Zealand, Palau, Papua New Guinea, Singapore, Thailand, The Marshall Islands, The Northern Mariana Islands, The People’s Republic of China (incl. Hong Kong SAR and Macau SAR), The Philippines and Vietnam. In each of these, operations are conducted by separate and independent legal entities.

About Deloitte Indonesia
In Indonesia, services are provided by PT Deloitte Konsultan Indonesia.
© PT Deloitte Konsultan Indonesia